Selain beli oktane booster yang udah jadi, sebenarnya kita bisa bikin oktan booster sendiri.
Cara yang udah lama dikenal dengan mencampurkan dengan kapur barus dengan bensin. Untuk menghindari endapan yang mungkin ntar menyumbat karbu lebih baek di campur dibotol dulu.
Metode laen dengan mencampur dengan Toluene oktan rating 114 atau Xylene oktan rating 117.
Tolulene=(Oktan yg diinginkan - Oktan BBM )/(121- Oktan BBM)*Kapasitas Tank
Contohnya nih...
Premium = 88
Oktan yg dicari = 92
Toluene = (92-88)/(121-88) * 4 Ltr = 0.48 L = 480 ml
Ohh yaa satu lage bagi mereka yang nggak mau ribet bikin oktan sendiri. Saat memilih oktan bosster pastikan dia mampu naik berapa RON, kalo cuman naik 10 points sihh sama aja 1 RON.
Jangan cuman berpatokan ama tingginya oktan, kita juga harus sesuaiin dengan kompresi tunggangan kita. Jangan jangan ntar malah overheat.
Dari yang pernah aku coba bandingin mulai premium sampai P+, juga Shell Super ampe Super extra, makin tinggi oktannya sehh emang tarikan OK plus nggak ada nglithik. Tapi mesin puaanaassnya minta ampun.
3 komentar:
Coba ahhh kapur barusnya... :)
Hallo Mas Wahyu aku Bayu nih.... tetanga sebelah...
kapur barus bukankah membuat ruang mesin menjadi kotor termasuk karburator dan saluran bahan bakar.... walaupun sudah di saring... ada yg sudah pernah mengendapkan air khapur barus...???
untuk Toluene.. untuk pemakaian jangka lama, bukan kah akan membuat seal yg terbuat dari karet menjadi getas.... ??
mas wahyu cory mau nanya ni.....apakah perhitungan volume oktan yg dipakai utk 4 liter bensin adalah sebanyak 0,48l.apakah ngk kebanyakan ? thnxs jawabannya.
Posting Komentar